Review Film Motivasi Iqro: Petualangan Meraih Bintang 2017

Film Iqro: Petualangan Meraih Bintang (2017) - Film bergenre drama religi dengan suguhan cerita yang begitu menarik telah hadir di layar bioskop pada 26 Januari 2017. Sesuai dengan temanya yang sarat akan nila-nilai religi, film ini diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada anak-anak untuk selalu mencintai Al Qur’an. Panasaran kan, seperti apa kisahnya? Langsung saja simak ulasan dan sinopsis film Iqro: Petualangan Meraih Bintang berikut ini.
Sinopsis Film Motivasi Iqro: Petualangan Meraih Bintang 2017
Iqro: Petualangan Meraih Bintang Movie 2017


Detail Cast & Crew Film Iqro: Petualangan Meraih Bintang

Film berjudul Iqro merupakan film layar lebar pertama yang diproduksi oleh Salman Film Academy, dibawah manajemen Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB). Mengangkat tema religi, film garapan sutradara Iqbal Alfajri diproduseri oleh Budiyati Abiyoga. Sedangkan untuk naskah skenarionya ditulis oleh Aisyah A. Nasution bersama Tatia.

Film berdurasi 97 menit ini sudah mulai diproduksi sejak awal tahun 2016 silam. Dimana film ini bukan hanya sekedar sebuah hiburan, tetapi juga sebuah penyampaian pesan mulia agar anak-anak sebagai generasi bangsa senantiasa mencintai Al Qur’an. Bukan hanya sekedar menghapal ayat-ayat di dalamnya saja tetapi juga mampu memahami dan mengamalkannya sebagai pedoman hidup.

Film bertema drama religi Iqro: Petualangan Meraih Bintang menampilkan sejumlah pemain senior, diantaranya adalah Cok Simbara yang berperan sebagai Opa. Aktor kawakan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di layar kaca, karena memang sudah aktif di dunia akting sejak tahun 1973. Dimana namanya mulai melejit sejak membintagi film Kugapai Cintamu di tahun 1977.

Dalam film keluarga ini Cok Simbara beradu peran dengan Neno Warisman yang dipercaya memerankan karakter Oma. Keterlibatan Neno Warisman tentu bukan tanpa alasan, karena aktris yang satu ini memang sangat selektif dalam memilih peran. Neno Warisman terpikat dengan isi cerita dan pesan yang ada di dalam film. Dan setelah lebih dari 15 tahun absen, dirinya mau kembali bermain dalam film yang menurutnya istimewa. Film ini juga diramaikan dengan kehadiran Meriam Bellina yang turut bermain peran.

Selain bintang senior di atas, berikut ini adalah daftar pemain film Iqro yang lainnya:
  1. Aisha Nurra Datau sebagai Aqila
  2. Adhitya Putri sebagai Kak Raudhah
  3. Raihan Khan sebagai Faudzi
  4. Mike Lucock sebagai Bang Codet
  5. Didied Kertarajasa

Sinopsis Singkat Film Iqro: Petualangan Meraih Bintang

Film keluarga yang sarat akan pesan religi ini berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Aqila yang sangat menyukai sains dan dunia astronomi, namun belum begitu pintar mengaji. Hingga pada suatu saat ketika Aqila berlibur ke rumah kakeknya yang juga seorang peneliti astronomi. Aqila pun ingin melihat keberadaan planet luar angkasa melalui teropong bintang di Observatorium Boscha, tempat kakeknya bekerja. Tentu saja permintaan Aqila diperbolehkan sang kakek, namun dengan satu syarat yaitu Aqila harus sudah bisa membaca Al Qur’an terlebih dulu. Dengan penuh semangat Aqila pun menyanggupi persyaratan yang diajukan oleh Opa.

Aqila bertemu dengan Ros yang kemudian mengajaknya ke masjid, dan di masjid inilah akhirnya Aqila belajar mengaji dan membaca Al Qur’an dengan metode pembelajaran Iqro yang menyenangkan dan mudah untuk dimengerti. Dengan membaca dan memahami isi dari Al Qur’an, Aqila pun mendapatkan banyak pelajaran yang sangat berharga. Bahwasanya di dalam Al Qur’an pun telah tersurat bagaimana alam semesta ini diciptakan. Dengan kata lain Al Qur’an sangat berkaitan erat dengan sains. Aqila pun semakin tergugah hatinya dan semakin kagum dengan kebesaran Allah SWT, yang telah menciptakan alam semesta.

Pesan moral yang tersirat dalam film Iqro: Petualangan Meraih Bintang bukan hanya terbatas pada nilai-nilai religi semata. Karena dalam film ini juga sangat jelas bagaimana pola pengasuhan Opa dan Oma dalam mendidik Aqila, cucunya. Selain penuh dengan kasih sayang dan kata-kata bijak, mereka secara kreatif membimbing Aqila untuk mengenal agamanya sekaligus mencintai Al Qur’an sebagai pedoman hidup.
Baca Juga: Sinopsis Film The Promise 2017
Ada banyak hal positif yang bisa diambil dari film keluarga bermuatan religi ini. Bahkan Salman Film Academy juga sudah berencana untuk membuat film kedua yang kemungkinan akan dirilis pada akhir 2017 mendatang. Kita nantikan saja film selanjutnya yang pasti tidak kalah menginspirasi. Tapi sebelumnya, kamu bisa saksikan dulu film pertama Salman Film Academy, Iqro: Petualangan Meraih Bintang yang telah tayang di bioskop 26 Januari 2017 bulan lalu.