Sinopsis Film The Last Barongsai 2017, Dilema Aguan dalam Mempertahankan Tradisi

Ulasfilm.com - Menyambut tahun baru China atau Imlek yang jatuh di tanggal 28 Januari tahun 2017 ini, telah disiapkan sebuah film berjudul The Last Barongsai yang akan dirilis sebelum Imlek, yaitu 26 Januari 2017. Dari judulnya saja, kamu pasti sudah bisa sedikit berimajinasi bagaimana cerita dalam film ini.

Yang pasti film ini akan mengajak kamu untuk lebih mengenal budaya Tionghoa, jadi penasaran kan seperti apa kisah ceritanya? Siap-siap saja untuk nonton film ini di tanggal rilisnya, dan sebelum nonton sebaiknya kamu simak dulu ulasan dan sinopsis lengkapnya berikut ini.

Detail Crew & Cast Film The Last Barongsai

Film ini merupakan produksi PT. Karnos Film dan diproduseri oleh Rubby Karno. Sementara untuk penyutradaraan dipercayakan kepada Ario Rubbik. Untuk penulisan naskah cerita ada Titien Wattimena dan Rano Karno yang menanganinya. Film bergenre drama ini memang diadaptasi dari novel karya Rano Karno dengan judul yang sama, yaitu The Last Barongsai.
Jadwal Tayang Film The Last Barongsai 2017
The Last Barongsai 2017

Film yang sangat lekat dengan budaya Tionghoa ini sengaja diproduksi untuk mengangkat kembali budaya yang sudah mulai terkikis kemajuan jaman. Sebagai penulis novel, Rano Karno terinspirasi dari keunikan kultur Cina Banteng yang berada di wilayah Tangerang. Budaya ini diyakini telah terbentuk sejak tahun 1740 ketika perang antara VOC dan Tionghoa bergejolak. Dimana mereka terpecah sehingga ada yang lari ke Kerawang dan Tangerang.

Sejumlah bintang top tanah air diketahui turut bermain dalam film The Last Barongsai ini, diantaranya adalah aktor kawakan Tio Pakusadewo yang berperan sebagai Kho Huan, Dion Wiyoko yang berperan sebagai Aguan, Azis Gagap, Rano Karno, Suti Karno, Furry Citra, Hengky Solaiman, Vinessa Inez dan juga Dennis Adhiswara.

Film yang sarat akan adegan aksi berbahaya ini tentu membutuhkan skill yang mumpuni, karena beberapa adegan bisa sangat beresiko dan bisa saja menimbulkan cedera. Nah, untuk keperluan tersebut Dion Wiyoko, pemeran Aguan memilih untuk menggunakan stunman untuk menggantikannya. Bukan tanpa alasan jika Dion memutuskan menggunakan stunman, karena menurutnya butuh keahlian khusus untuk bisa bermain barongsai. Sehingga lebih baik adegan tersebut dilakukan oleh orang-orang yang memang sudah ahli di bidangnya.

Sinopsis Lengkap Film The Last Barongsai 2017

Film The Last Barongsai menceritakan kisah Aguan yang merupakan pemain barongsai, dia tak lain adalah anak dari Kho Huan. Dalam film ini diceritakan bagaimana dilema yang sedang menghampiri Aguan dalam menentukan masa depannya. Sepucuk surat yang berada di tangannya adalah sebuah berita gembira yang memberitahukan bahwa Aguan berhak untuk melanjutkan kuliah di Nanyang University Singapore melalui jalur beasiswa.

Perasaan Aguan berkecamuk di dalam dada, antara senang dengan kabar gembira tersebut bercampur dengan kegundahan yang membuatnya tertahan untuk berteriak girang. Pasalnya tanggal yang tertera untuk melakukan pendaftaran ulang bertepatan dengan kompetisi barongsai yang rencananya akan diikuti oleh Aguan dan timnya.

Perasaan gundah dalam diri Aguan berbeda jauh dengan ayahnya, yang sangat menginginkan agar Aguan menjemput mimpinya dan masa depannya dengan melanjutkan kuliah ke Singapura. Sebuah prestasi yang membanggakan jika Aguan sebagai satu-satunya anak lelaki di keluarganya menempuh pendidikan di Singapura. Apalagi Aguan diterima dengan beasiswa, sementara sebelumnya Aguan sempat terhenti kuliahnya karena keterbatasan biaya.

Kho Huan justru tidak begitu peduli dengan undangan kompetisi barongsai yang selalu datang setiap tahunnya. Hingga undangan kompetisi pun hanya tergeletak bergitu saja tanpa bisa menarik perhatiannya sedikit pun. Karena menurut Kho Huan, masa depan Aguan ada di Singapura di bangku kuliahnya yang bergengsi. Apa yang bisa diharapkan dari kompetisi barongsai?

Ternyata Aguan memiliki alasan sendiri untuk tetap mengikuti kejuaraan Barongsai tersebut, karena menurutnya hadiah yang didapatkan bisa digunakan untuk biaya hidupnya selama kuliah di Singapura. Kho Huan masih belum sependapat dengan anak lelakinya tersebut, dia justru bersikeras agar Aguan tidak mengikuti kejuaraan dan fokus pada kuliahnya di Singapura. Aguan begitu lantang untuk meneruskan tradisi barongsai yang sudah berlaku secara turun temurun dalam budayanya.
Baca Juga: Sinopsis Film Chocolate Chance (Drama Romantic 2017)
Lalu apa yang akan terjadi dengan Aguan? Apakah dia memutuskan untuk mengejar mimpinya di negeri Singapura ataukah memilih untuk mengikuti kejuaraan Barongsai yang akan membuat timnya semakin diakui? Kamu bisa mendapatkan jawaban pastinya dengan menonton film The Last Barongsai pada 26 Januari 2017 mendatang.