Film Drama Terbaru A United Kingdom, Perbedaan Ras bukanlah Halangan untuk Sebuah Cinta Sejati


Ulasfilm.com - Tahun 2017 ini para penggemar film akan disuguhi sebuah kisah drama biografi yang sangat menarik dan bisa menjadi inspirasi. Film berjudul A United Kingdom akan menghibur kamu pada 10 Februari 2017 nanti, jadi siap-siap saja untuk menyaksikannya di bioskop terdekat. Tapi sebelumnya, kamu bisa menyimak dulu beberapa informasi terkait sinopsis dan reviewnya berikut ini.
Sinopsis Lengkap Film A United Kingdom 2017
A United Kingdom Movie 2017

Rincian Cast & Crew Film A United Kingdom

A United Kingdom merupakan sebuah film bergenre drama romantis yang diangkat berdasarkan biografi dari perjalanan cinta sejati antara Sir Seretse Khama dan Ruth Williams Khama. Sir Seretse Khama adalah Presiden pertama Botswana ketika negeri tersebut merdeka di tahun 1966. Sementara Ruth Williams adalah warga negara Inggris, ayahnya pernah menjabat sebagai Kapten Angkatan Darat Inggris di India.

Film berdurasi 111 menit ini sebelumnya telah ditayangkan pada 9 September 2016 di Toronto International Film Festival. Film ini juga diputar sebagai film pembuka pada 25 November 2016 di London Film Festival yang ke-60. Sedangkan untuk pemutaran di bioskop, A United Kingdom rencananya akan dirilis pada 10 Februari 2017.

Film garapan Amma Asante ini diproduksi oleh BBC Films, British Film Institute, Ingenious Media dan Pathe. Amma Asante sebelumnya pernah menyutradarai A Way of Life (2004) dan juga Belle di tahun 2013 silam. Sementara untuk naskah skenarionya ditulis oleh Guy Gilbert dan pendistribusiannya dipercayakan kepada Pathe dan Fox Searchlinght Pictures. Yang bertindak sebagai produser adalah Brunson Green, Charlie Mason, Rick McCallum, Cameron McCracken, Justin Moore-Lewy, dan David Oyelowo yang sekaligus bermain peran dalam film ini sebagai tokoh sentralnya, yaitu Sir Seretse Khama.

David Oyelowo adalah aktor dan produser kelahiran Inggris yang mulai aktif di dunia hiburan sejak tahun 1998. Di tahun 2011, David Oyelowo turut membintangi film Rise of the Planet of the Apes, disusul dengan Middle of Nowhere (2012), Lincoln (2012), dan The Buttler pada tahun 2013. Namanya semakin mencuat setelah berhasil memerankan karakter Martin Luther King Jr dalam film drama biografi berjudul Selma di tahun 2014 silam. Selain David Oyelowo, berikut ini adalah beberapa pemain film yang terlibat dalam A United Kingdom:
  1. Rosamund Pike sebagai Ruth Williams Khama
  2. Terry Pheto sebagai Naledi Khama, adik dari Seretse Khama
  3. Vusi Kunene sebagai Tshekedi Khama, paman dari Seretse Khama
  4. Abena Ayovor sebagai Ella Khama, bibi dari Seretse Khama
  5. Jack Davenport sebagai Alistair Canning, perwakilan pemerintah Inggris di Afrika Selatan
  6. Donald Molosi sebagai Kabelo
  7. Tom Felton sebagai Rufus Lancester
  8. Charlotte Hope sebagai Olivia Lancester
  9. Nicholas Lyndhurst sebagai George Williams, ayah dari Ruth Williams
  10. Anastasia Hille sebagai Dot Williams, ibu dari Ruth Williams
  11. Laura Carmichael sebagai Muriel Williams-Sanderson, saudara Ruth Williams
  12. Jessica Oyelowo sebagai Lady Lilly Canning

Sinopsis Singkat Film A United Kingdom 2017

Film drama romantis ini menceritakan perjalanan cinta dari Seretse Khama, seorang Pangeran Botswana dari Afrika dengan seorang wanita Inggris yang bernama Ruth Williams. Keduanya bertemu ketika Seretse menimba ilmu di London, Inggris pada tahun 1947. Dari pertemuan tersebut mereka saling tertarik dan jatuh cinta. Hingga akhirnya mereka pun berpacaran, dan kemudian memutuskan untuk menikah satu tahun kemudian. 

Tentu saja pernikahan antara dua ras yang berbeda ini memunculkan kontroversi, baik dari pihak Uni Afrika Selatan maupun tetua Suku Bamangwato. Karena dalam sistem apartheid pernikahan antar ras yang dilakukan oleh Khama dan Ruth sangat dilarang. Bahkan paman dari Khama menuntut adanya pembatalan pernikahan, namun Seretse dan Ruth tetap pada komitmen awal mereka.

Penolakan bukan hanya dari pihak Khama saja, tetapi juga dari pihak pemerintah Inggris yang menolak mengakui pernikahan mereka. Mereka juga harus menerima sebuah konsekuensi karena pernikahan tersebut, yaitu diasingkan dari Botswana selama 6 tahun. Namun kemudian keduanya diijinkan untuk kembali setelah Seretse meninggalkan tahta sukunya. Seretse pun kembali aktif dalam dunia politik dan mendirikan Partai Nasionalis Demokrat Bechaulanad. 

Pengasingan yang telah dijalaninya justru mampu meningkatkan kredibilitasnya. Terlebih Khama juga sangat aktif dalam mendorong terwujudnya kemerdekaan di Botswana. Hingga akhirnya pada tahun 1966 Botswana merdeka dan Khama terpilih sebagai presiden pertama.
Baca Juga: Sinopsis Film Same Kind of Different as Me (Drama Movie 2017)
Bagaimana, cerita yang sangat menarik bukan? Biar lebih greget kamu bisa langsung nonton film A United Kingdom pada 10 Februari 2017 nanti. Yang pasti, film ini akan sangat menginspirasi karena cinta sejati butuh perjuangan dan pengorbanan.

Loading...