Review Film The Shallows, Kisah Perjuangan Hidup Seorang Peselancar

Review Film The Shallows - Kisah kehidupan para peselancar dalam menaklukan ombak sudah banyak diangkat ke layar lebar, sebut saja Soul Surfer yang mengangkat kisah nyata yang penuh inspiratif tentang peselancar wanita terbaik dunia Bethany Hamilton yang harus kehilangan lengan kirinya akibat serangan hiu namun berhasil bangkit dari trauma psikis dan menyandang juara. Kisah yang hampir sama juga diproduksi oleh Columbia Picture yang telah merilis film berjudul The Shallows pada 24 Juni 2016 lalu.

Pada awalnya The Shallows disutradarai oleh Louis Leterrier, namun di bulan Juni 2015 sang sutradara mengundurkan diri dan digantikan oleh Jaume Collet-Serra. Film bergenre drama ini awalnya berjudul In the Deep, namun kemudian mengalami perubahan judul pada bulan Agustus 2015 bersamaan dengan masuknya aktris cantik Blake Lively yang memerankan tokoh utama bernama Nancy, seorang peselancar. Blake Lively sendiri terkenal karena perannya dalam film Green Lantern sebagai Carol Ferris, dan sebagai pemeran utama di film The Age of Adaline.



The Shallows berkisah tentang kehidupan peselancar profesional wanita, Nancy Adams yang juga seorang mahasiswi Kedokteran. Nancy melakukan perjalanan ke sebuah pantai terpencil di Meksiko dengan menumpang Carlos, penduduk setempat yang enggan memberitahukan nama pantai tersebut bersama dua orang temannya. Sebagai peselancar, mereka banyak berpetualang ke berbagai pantai hingga akhirnya berselancar di pantai terpencil tersebut. Terlalu asyik berselancar membuat mereka tidak menyadari jika sudah berada jauh dari pantai. Nancy sempat beristirahat dan memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan video chatting dengan adiknya, Chloe untuk memberitahukan bahwa dia tengah berselancar di pantai tersebut.

Namun kesenangan mereka berselencar berubah menjadi insiden yang mengerikan dengan munculnya seekor hiu putih yang menyerang secara tiba-tiba. Nasib tragis dialami oleh kedua teman Nancy yang tewas diterkam hiu putih tersebut, sementara Nancy berhasil menyelamatkan diri meski tubunya penuh luka dan kakinya pun sempat tergigit hiu yang ingin menariknya ke bawah laut. Suasana yang seru berubah menjadi begitu menegangkan dan penuh kecemasan yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya dalam benak Nancy. Nancy harus berusaha menghentikan pendarahan di kakinya dengan segala keterbatasan yang ada.

Perjuangan Nancy belum berakhir karena meskipun selamat dari terkaman hiu putih dan berlindung di atas batu karang, nyatanya bahaya masih tetap mengincarnya karena hiu ganas itu tetap berenang di sekitarnya. Nancy harus memutar otak dan bertahan seorang diri dengan segala kemampuannya agar terlepas dari incaran hiu putih tersebut. Nancy menyadari jika air pasang maka batu karang akan terendam air dan hal itu pasti akan sangat membahayakan dirinya. Nancy memberanikan diri untuk berenang ke pelampung terdekat meskipun hal itu sangat beresiko, terlebih selain hiu ada kelompok ubur-ubur yang bisa menyengatnya setiap saat.

Nasib baik, Nancy bisa menemukan pistol suar pada pelampung, hanya saja hal itu ternyata tidak cukup menarik perhatian kapal kargo yang tengah melintas dan menjauh ke tengah laut. Aksi Nancy membuat hiu putih semakin ganas menyerang hingga mengejar Nancy yang terus berusaha mempertahankan nyawanya.

Sinopsis Film Perjuangan The Shallows
The Shallows / Cinematerial.com
Film Thriller dan drama ini di produseri oleh Lynn Harris, Douglas C. Merrifield, dan Matti Leshem, sementara penulis naskahnya Anthony Jaswinski. Selain dibintangi oleh Blake Lively sebagai Nancy, film ini juga diramaikan dengan panampilan Oscar Jaenada sebagai Carlos dan Sedona Legge sebagai Chloe. 

Film ini mengambil lokasi syuting di South Wales, Australia dan Lord Howe Island dengan anggaran biaya produksi mencapai US$ 17 juta. Film ini menerima ulasan yang cukup positif dari para kritikus film dan berhasil meraup pendapatan hingga US$ 70 juta. Film ini berhasil mendapatkan respon positif dari penonton sehingga tidak mengherankan jika mampu meraup keuntungan fantastis. Film ini juga dinilai berkualitas, sehingga sangat rekomended untuk ditonton sebagai hiburan.

Film Thriller ini mampu membawa para penonton untuk larut dalam kegelisahan dan ketegangan seperti yang tergambar dalam kisah film tersebut. Dengan penggabungan sinematografi dan lokasi syuting yang eksotik, membuat film ini semakin menarik dengan ketegangan yang tidak terduga dan intrik yang kompleks.

Trailer Film The Shallows 2016