Rekomendasi Film Terbaru Life Animated (Documentary Movie 2016)

Rekomendasi Film Terbaru Life Animated Life, 
Film Dokumenter Inspiratif yang Menggugah Semangat

Ada banyak kisah kehidupan yang diangkat menjadi sebuah film sehingga mampu memberikan inspirasi bagi pecinta film dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu kisah inspiratif yang diangkat ke layar lebar adalah Life, Animated, sebuah film bergenre dokumenter animasi dan mengangkat kehidupan nyata dari keluarga Ron Suskind salah satu wartawan pemenang Pulitzer-Prize yang tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kepiawaiannya dalam menulis naskah, termasuk skenario dalam film ini.

Buku karangan Ron Suskind dengan judul yang sama menjadi inti cerita dalam film yang mengisahkan kehidupan keluarganya, terutama mengenai anak laki-lakinya yang bernama Owen Suskind. 
Life Animated Movie / Lifeanimateddoc.com
Ketika berusia 3 tahun, Owen memiliki keterampilan motorik dan bahasa yang buruk. Owen merupakan anak yang ‘istimewa’ dan terlahir sebagai anak autisme, diagnosa dokter mengenai kondisi Owen tentu saja membuat kedua orangtuanya merasa ‘hancur’, meski di satu sisi mereka juga berharap menemukan sebuah cara untuk memperbaiki keadaan tersebut. 

Menghadapi anak autisme tentu membutuhkan cara yang berbeda dan tidak semudah seperti ketika menghadapi anak pada umumnya.

Pada akhirnya keluarga Suskind menyadari bahwa Owen sangat menyukai film animasi Disney dan hal ini memungkinkan baginya untuk mengakses emosinya dan menempatkan emosi tersebut dalam kata-kata. 

Tentu saja hal itu merupakan terobosan besar bagi Owen yang saat ini genap berusia 23 tahun, dimana sudah saatnya bagi Owen untuk meninggalkan rumah dan menempati apartemennya sendiri.

Film Disney membantu Owen dalam menjalani kehidupannya terutama ketika keluarganya ingin menjalin komunikasi dengannya. 

Untuk pertama kalinya Owen ditampilkan sebagai orang dewasa yang berkeliaran di trotoar dan sepanjang jalan mebicarakan hal-hal yang mungkin dianggap sebagai omong kosong. 

Dalam film ini terlihat jelas bagaimana Owen menjalani kehidupannya, bagaimana Owen menggunakan suara lucu dari berbagai macam karakter di film Dismey yang pernah ditontonnya selama ini, dialog favorit semacam Peter Pan, Aladdin, The Lion King dan The Little Mermaid.

Meskipun saat ini dirinya mampu mengucapkan kata-kata selain dialog dalam film Disney, Owen juga belajar sendiri untuk membaca akhir dari cerita Disney. 

Dia bahkan menggunakan bahasa yang sedikit formal dan menghabiskan waktunya di rumah bersama kelompoknya dan menjalani serangkaian terapi bersama terapisnya untuk belajar menghadapi situasi sehari-hari. 

Hal itu merupakan keharusan untuk mempersiapkan Owen keluar dari lingkungannya yang aman. Owen memulai Disney Club bersama kelompoknya dan memimpin diskusi, dimana dalam club tersebut kelompoknya akan berkumpul, menonton film Disney dan kemudian mendisukusikannya bersama-sama.

Ron dan Cornelia, orangtua Owen serta kakaknya Walt menampilkan berbagai kenangan tentang apa yang telah terjadi selama ini dan bagaimana perasaan mereka dengan semua kondisi yang dialami oleh Owen. 

Urutan backstory yang disertai dengan rekaman film keluarga dan animasi yang menarik diciptakan oleh Mathieu Betard, Olivier Lescot, dan Philippe Sonrier sebagai animatornya. Animasi yang dibuat berkembang dalam sebuah kompleksitas ketika Owen bergabung dengan dunia. 

Seperti misalnya terlihat sosok anak hitam putih kecil yang ditampilkan dalam sebuah lorong panjang yang gelap tanpa ada jalan keluar. Kemudian terlihat animasi tersebut menuju ke sebuah technicolor yang fantastis, seperti halnya Owen yang mengakses kreativitasnya sendiri. 
Review Film Terbaru Life Animated
Life Animated / Variety.com
Owen mengalami perlakuan yang kurang menyenangkan di sekolah sehingga membuatnya tidak nyaman hingga akhirnya bisa menemukan rasa nyaman dengan menggambar berbagai karakter dalam Disney.

Ketika Ron melihat tumpukan karya Owen, pada akhirnya dia menyadari bahwa Owen hanya menarik diri dengan cara yang berbeda.

Saat dewasa pun Owen ditampilkan dalam keadaan yang selalu berurusan dengan film Disney dalam tekanan hidupnya. 

Ketika melewati malam pertamanya di apartemen sendiri, Owen menonton film ‘Bambi’ dan saat melihat adegan dimana ibu Bambi terbunuh Owen merasa begitu kesepian tanpa ibunya. Namun film tersebut juga mengajarkan bahwa hal itu sangat sulit dan Bambi berhasil melewatinya demikian juga seharusnya dengan Owen. 

Owen melihat bagaimana cerita tentang kesulitan, rasa sakit mencari miliknya yang hilang, perasaan suka cita dan kebersamaan yang hilang kemudian ditemukan kembali.

Baca Juga: 50+ Daftar Film Dokumenter Terbaru 2016

Kebersamaan dan sikap saling support menjadi point utama dalam film dokumenter yang disutradarai oleh Roger Ross Williams ini, bagaimana hubungan emosional terjalin kuat tanpa kesan manipulatif. Yang pasti film yang rilis pada 1 Juli 2016 ini sangat menginspirasi.