Film Animasi Terbaru Zootopia 2016: Animasi Ringan yang Sarat akan Pesan Moral


Ulasfilm.com, Film Animasi Terbaru Zootopia - Film yang mengangkat kisah kehidupan satwa menjadi salah satu point unggulan yang selalu berhasil mengangkat nama Walt Disney Pictures sebagai produsen film yang mumpuni, pun ketika film-film produksinya mampu menyajikan berbagai pesan moral dengan cara yang halus dan bisa dinikmati oleh semua umur.

Seperti film berjudul Zootopia yang telah rilis pada 4 Maret 2016 lalu, dimana kehidupan di kota satwa modern bernama Zootopia berhasil menarik minat penikmat film yang selalu menantikan kejutan manis dari Walt Disney.

Zootopia mengisahkan kehidupan para satwa dari berbagai jenis yang bisa hidup berdampingan tanpa ada sistem hirarki yang mengharuskan karnivora menekan herbivora seperti yang selama ini berlangsung dalam kehidupan satwa di dunia nyata. 

Ada dua tokoh utama dalam film animasi yang disutradarai oleh Byron Howard dan Rich Moore ini, yaitu Judy Hopps seekor kelinci yang diisi suara oleh Ginnifer Goodwin dan Nick Wilde seekor musang yang diisi suara oleh Jason Bateman.

Review FIlm Animasi Zootopia
Film Animasi Zootopia / Headbandfortoday.com
Judy Hopps merupakan sosok kelinci yang memiliki keinginan menjadi polisi wanita di Zootopia Police Departement (ZPD) kota metropolis Zootopia, meski di awal karirnya Judy mengalami sedikit diskriminasi hingga hanya ditugaskan sebagai polisi penilang parkir. Mengingat dialah kelinci pertama yang berhasil mendapatkan karir di kepolisian. 

Tugas tersebut tentu sangat berlawanan dengan apa yang sudah dibayangkan sebelumnya, namun demikian bukan Judy namanya jika langsung menyerah pada keadaan dan dia pun tetap bertekad menjadi polisi hebat di Zootopia. Judy mencoba untuk menghadapi realitas tersebut dan tetap bersikap positif sehingga tidak terpuruk dalam diskriminasi di tempat kerjanya.

Kisah petualangan Letnan Judy Hopps pun dimulai ketika Zootopia terjadi kasus aneh dengan menghilangnya beberapa hewan mamalia tanpa diketahui sebabnya. Namun kasus tersebut seolah tidak menemui titik terang, hingga akhirnya Judy diberikan tugas untuk mengungkap kasus itu dalam waktu yang relatif singkat yaitu hanya 48 jam saja, dengan catatan jika gagal maka pihak ZPD tidak segan-segan untuk memecatnya. Demi membuktikan kemampuan dan dedikasinya sebagai polisi, Judy menyanggupi tugas tersebut.

Pertemuannya dengan Nick Wilde yang melarikan diri atas tuduhan kejahatan yang tidak dilakukannya menjadi hal yang seru sekaligus mengesalkan, pasalnya Nick sering memanfaatkan kepolosan Judy demi kepentingannya sendiri. 

Di balik kekacauan tersebut, kedua hewan yang berbeda ras ini terpaksa harus bekerja sama demi mengungkap kejahatan yang berlangsung di Zootopia. Terlebih setelah didalami, keduanya ternyata terjebak dalam sebuah konspirasi jahat yang didalangi oleh sekretaris walikota Zootopia sendiri, yang berasal dari kalangan herbivora dan ingin mengangkat derajat kaumnya lebih tinggi lagi namun dengan cara yang salah.

Film animasi yang bergenre petualangan dan komedi ini juga dimeriahkan oleh suara Shakira sebagai Gazelle sekaligus membawakan soundtracknya yang berjudul Try Everything. Ada banyak pesan moral yang tersirat dari kisah cerita di dalam film ini, mulai dari kesetaraan, pentingnya sikap menghargai dan isu perbedaan ras, semua tersaji dengan mengalir begitu saja sehingga terasa ringan tanpa ada kesan menggurui. 

Dalam film ini juga ditekankan bagaimana seseorang harus bisa mengakui kekurangannya dan berani meminta maaf jika melakukan kesalahan tanpa merendahkan diri sendiri. Di lain pihak, sikap memafkan dan menerima tanpa syarat juga tidak ketinggalan diselipkan sebagai salah satu pesan moral yang terlihat sepele namun memiliki bobot yang tidak ringan. 

Dan satu hal yang pasti, dalam film ini penonton juga secara tidak langsung diajak untuk tidak menilai karakter seseorang hanya dari kesan luarnya saja, karena pada dasarnya semua orang bisa menjadi lebih baik jika mau berusaha.

Selain itu, karakter yang bertolak belakang antara Judy dan Nick justru memberikan kekuatan tersendiri dalam film ini sehingga cerita yang disajikan terasa lebih hidup dan berwarna. Kelucuan berupa tingkah laku yang konyol maupun ucapan-ucapan yang tidak terduga semakin menambah keseruan film ini. Ditambah dengan visualnya yang bagus, tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi film ini. 


Tidak berlebihan jika Zootopia menjadi salah satu film paling rekomended sebagai hiburan keluarga sekaligus film bernilai edukasi, namun dengan cara penyampaian yang menyenangkan.

Loading...