Rekomendasi Film Animasi: Mampukah Finding Dory Mengulang Sukses Finding Nemo?


Ulasfilm.com, Film Finding Dory (Animation Movie 2016) - Kisah perjuangan dan petualangan ikan badut bernama Marlin dalam mencari anaknya, Nemo di tengah laut lepas tentu masih lekat dalam ingatan kita. Petualangan lucu dan seru tersebut tentu tidak lepas dari karakter ikan blue tang bernama Dory yang memiliki sifat pelupa sehingga semakin menambah kelucuan di dalamnya.

Setelah berlalu 13 tahun, kali ini Walt Disney Pictures kembali merilis kisah petualangan yang menampilkan Dory sebagai tokoh sentralnya dengan film berjudul Finding Dory. Film animasi yang masih mengisahkan petualangan ini pada awalnya diusulkan berjudul Finding Nemo 2, yang rupanya menimbulkan banyak perdebatan antara CEO Walt Disney, Michael Eisney dan CEO Pxar Animation Studio, Steve Jobs. Namun akhirnya pada bulan April 2013 Walt Disney mengumumkan bahwa film berjudul Finding Dory akan rilis pada 17 Juni 2016.

Sebagai sekuel dari Finding Nemo, kisah Dory menjadi fokus utama dalam film animasi keluarga ini. Film ini mengisahkan kehidupan Dory satu tahun sejak kisah dalam Finding Nemo, dimana Dory (Ellen De Generes) telah tinggal bersama keluarga Marlin (Albert Brooks) dan Nemo (Hayden Rolence).
Finding Dory 2016
Gambar Finding Dory 1 / Thedailystar.net

Kisah cerita pun dimulai ketika Dory yang memiliki keterbatasan dalam ingatan jangka pendek tersebut mengingat kenangan masa kecilnya meskipun dia sendiri tidak ingat siapa orangtuanya dan dimana mereka saat ini karena telah terpisah sejak kecil.

Cuplikan kisah Dory di masa lalu menjadi satu point menyentuh, walaupun karakter Dory tidak lepas dari ciri khasnya yang lucu karena sifat pelupanya yang sering menimbulkan masalah.

Masa kecil yang bahagia dan penuh kehangatan keluarga memang pernah dirasakan oleh Dory bersama kedua orangtuanya di California, namun sifat pelupa yang melekat pada Dory membuatnya lupa jalan pulang ke rumah ketika dirinya masih sangat muda. Hal itu jugalah yang membuat Dory berkeinginan untuk mencari kedua orangtuanya ke laut California.

Hanya saja kisah kenangan masa lalu Dory rupanya tidak mendapatkan tanggapan dari Marlin sehingga Dory merasa diacuhkan dan memutuskan untuk berpetualang seorang diri demi mencari orangtuanya. Hingga akhirnya Dory sampai di pusat rehabilitasi dan akuarium, Institusi Biota Laut California.
Finding Dory 2016
Gambar Finding Dory 2 / Moviepilot.com
Dengan bantuan binatang laut lainnya, Dory mulai memperoleh titik terang meskipun untuk mengingat siapa orangtuanya bukanlah perkara mudah bagi Dory. Pada saat yang bersamaan, Marlin menyadari kesalahannya dan segera mencari Dory bersama Nemo anaknya.

Dalam film animasi yang disutradarai oleh Anderw Stanton dan Angus McLane ini, pusat kelucuan bukan hanya berada pada karakter Dory saja melainkan terbagi dalam beberapa porsi adegan lucu dari beberapa binatang laut dengan tingkah kocaknya yang menggemaskan. 

Daya tarik lain dari film keluarga ini adalah visualisasi kehidupan di bawah laut yang sangat detail dan penuh warna seolah ingin memanjakan mata para penikmat film yang menontonnya.

Film animasi yang satu ini sangat rekomended untuk dinikmati bersama keluarga karena menyimpan pesan moral yang sangat baik mulai dari semangat yang tinggi meski menghadapi banyak rintangan, kehangatan keluarga, persahabatan sejati, hingga keberanian menghadapi masalah dan mencari jalan keluar menjadi point penting yang sangat berharga dalam kisah ini.
Finding Dory 2016
Gambar Finding Dory 3 / Taormina.it
Alur cerita yang sederhana dan tidak berbelit-belit membuat anak-anak pun bisa dengan mudah mengikuti maksud cerita tersebut tanpa banyak bertanya karena semua sudah tergambar dengan visualisasi yang jelas dan matang.

Yang tak kalah menarik, film animasi yang lucu ini juga tersedia dalam dua bahasa yaitu Inggris dan Indonesia sehingga memudahkan anak-anak untuk mengikuti ceritanya. Karena meski di dubbing dalam bahasa Indonesia, nyatanya hal itu tidak mengganggu isi cerita sehingga penonton tetap bisa menikmatinya dengan baik. Namun demikian penonton bisa bebas memilih apakah menonton versi aslinya ataukah yang sudah didubbing ke versi bahasa Indonesia, tentu semua kembali kepada para penikmat film yang akan menonton film ini. 

Untuk dubbing bahasa Indonesia, film Finding Dory juga dimeriahkan oleh suara Syahrini dan Raffi Ahmad yang mengisi karakter ikan paus bernama Destiny dan Bailey yang sering bertengkar.

Baca Juga: Film Terbaru Kung Fu Panda 3 (Animation Movie 2016)

Dengan berbagai kelebihan tersebut, mampukah film Finding Dory mengulang sukses Finding Nemo sebagai film animasi terbaik pada ajang bergengsi Academy Awards di tahun 2004?

Loading...