The BGF, Film yang Penuh Petualangan dan Fantasi (Adventure Movie 2016)


Ulasfilm.com - Film The Big Friendly Giant (BFG) merupakan film yang diadaptasi dari novel klasik dari judul yang sama karya Roald Dahl dan Quentin Blake sebagai ilustratornya.  Buku setebal 240 tersebut pertama kali dipublikasi pada tahun 1982 dan sempat dibuat dalam versi animasi untuk beberapa stasiun lokal di UK pada tahun 1989.  

Film fantasi bergenre petualangan ini disutradarai oleh Steven Spielberg yang tentunya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi eksistensinya dalam dunia perfilman dunia. Selain didapuk sebagai sutradara, Steven Spielberg juga berkontribusi sebagai produser bersama Frank Marshall dan Sam Mercer. Untuk penulisan naskah cerita dalam film ini juga ada campur tangan Melissa Mathison selain Roald Dahl sebagai penulis buku aslinya.

Film produksi Walt Disney ini berkisah tentang seorang gadi kecil bernama Sophie, diperankan oleh Ruby Barnhill yang bertemu dengan raksasa yang baik hati meskipun terlihat menyeramkan dengan ukuran tubuhnya yang mencapai 8 meter dan telinga runcing serta indera penciumannya yang teramat tajam.  

Di awal pertemuannya, Sophie takut dengan keberadaan seorang raksasa di Negeri Raksasa, hanya saja karena sikap baiknya Sophie pun yakin bahwa raksasa tersebut adalah sosok raksasa yang berhati lembut dan baik hati.  Sesuai dengan ukuran dan karakternya, raksasa tersebut dikenal sebagai BFG atau The Big Friendly Giant.
Review Film The BGF (Film Petualangan Keren)
Film Terbaru The BGF/teaser-trailer.com
Gadis kecil tersebut pun tidak takut ketika BFG membawanya ke Negeri Mimpi dimana BFG mengumpulkan mimpi dan mengirimkannya kepada anak-anak.  Bahkan BFG juga mengajarinya tentang sihir dan misteri yang ada dalam mimpi, sungguh pengalaman yang menyenangkan bagi seorang gadis kecil seusia Sophie yang penuh dengan mimpi dan fantasi.  Sosok karakter BFG memang sangat bertolak belakang dengan versi raksasa yang selama ini dibayangkan oleh gadis kecil tersebut.

The BFG yang diperankan oleh peraih Oscar Mark Rylance ini dikenal baik hati karena tidak suka memangsa anak laki-laki maupun perempuan seperti raksasa lainnya yang dikenal dengan Bloodbotler, diperankan oleh Bill Hader dan Fleshlumpeater, diperankan oleh Jemaine Clement.  

Dengan ukuran tubuh yang lebih besar dari BFG, kedua raksasa tersebut berniat memangsa manusia dan hal ini tentu tidak dibiarkan begitu saja oleh Sophie dan BFG.  Keduanya pun berpetualang dan bermaksud menemui Ratu Victoria di London demi menyelamatkan dunia dari serangan raksasa pemangsa manusia, hanya saja butuh waktu bagi mereka untuk meyakinkan manusia bahwa raksasa pemangsa manusia itu benar-benar nyata.

Peran Ratu Victoria sendiri dimainkan secara apik oleh aktris Penelope Wilton sementara pembantu Ratu Victoria yaitu Marry, diperankan oleh Rebecca Hall. Keduanya diperingatkan oleh Sophie perihal ancaman kedatangan raksasa jahat pemangsa manusia yang harus segera dihentikan dengan rencana yang benar-benar matang.  Agar para raksasa jahat tidak memusnahkan manusia dengan menjadikannya sebagai mangsa.

Film yang sarat pesan moral ini telah rilis pada 1 Juli 2016 dan cukup menyita perhatian para penikmat film, terutama yang menyukai film bergenre fantasi, petualangan dan sangat cocok sebagai huburan bersama keluarga.  Kisah persahabatan yang dilukiskan dalam film ini seolah menyiratkan pesan moral mengenai ketulusan dan kasih sayang meskipun dari latar belakang yang berbeda. 

Sikap pantang menyerah dan tidak mengenal putus asa demi menyelamatkan dunia dari serangan raksasa jahat seolah menjadi karakter kuat yang hendak ditonjolkan dalam kisah ini.  Persahabatan dan kesetiaan menjadi inti dalam cerita ini, dimana seorang gadis kecil dengan perjuangannya bisa membantu memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh sahabatnya, bahkan ketika sahabatnya tersebut adalah seorang raksasa yang ukurannya tidak sebanding dengan tubuh mungilnya.
Film The BGF Big Friendly Giant
Film The BGF Big Friendly Giant / Desertchica.com
Sentuhan tangan dingin Steven Spielberg pada film petualangan dan fantasi ini cukup menarik sehingga mampu memvisualisasikan karakter raksasa secara halus dalam hal gerak dan tampilannya.  Sebuah efek komputer yang mampu menipu mata sehingga seolah semua tampak nyata dan benar-benar riil di dunia nyata.

Baca Juga: 58+ Film Barat Petualangan Terbaru 2016

Hanya saja dengan porsi lokasi fantastis yang ada seharusnya peran Rubby Barnhill sebagai Sophia bisa lebih dieksplor sehingga memungkinkan penonton terlibat di dalamnya sehingga benar-benar seperti dibawa ke dunia lain di mana Sophia berada.

Demikianlah Review Film The BGF Big Friendly Giant, Jangan lupa untuk menontonnya. Mudahan Bermanfaat

Loading...