Film Barat Terbaru: The Brothers Grimsby (Action Movie 2016)


UlasFilm.com, Film Barat Terbaru The Brothers GrimsbyKesan unik dan konyol selalu bisa dihadirkan oleh sosok aktor, komedian, sekaligus penulis cerita Sacha Baron Cohen, sebut saja film bertajuk Borat yang berhasil membuat namanya masuk nominasi piala Oscar hingga Bruno dan The Ditactor.  

Ciri khas tersebut nyatanya tetap melekat pada diri Cohen pada film The Brothers Grimsby, walaupun mengusung konsep yang sedikit berbeda dari film-film sebelumnya.

The Brothers Grimsby merupakan film aksi komedi yang ditulis oleh Cohen, Phil Johnson dan Peter Baynham.  Bukan hanya terlibat dalam penulisan saja, Cohen juga bertiindak sebagai produser sekaligus bermain dalam film bergenre comedy spy ini. 

Film yang disutradarai oleh Louis Leterrier ini mengisahkan kehidupan seorang pria asal Inggris bernama Norman ‘Nobby’ Grimsby yang telah memiliki kehidupan bahagia karena hampir semua keinginannya sudah terwujud. 

Namun di balik keberhasilan dan kebahagiaan yang telah diraih, masih ada satu hal yang dirasakan kurang dalam kehidupan Nobby, karena sejatinya dia belum berhasil menemukan saudara kandungnya Sebastian Grimsby yang telah berpisah darinya sejak 28 tahun lalu ketika keduanya diadopsi oleh keluarga yang berbeda saat masih kecil.  

Nobby sendiri digambarkan sebagai seorang laki-laki dengan karakter yang lugu dan idiot, bahkan sering terlibat dalam kerusuhan di pertandingan bola dengan tingkahnya yang konyol.

Berbeda dengan kondisi Nobby yang menonjolkan karakter konyol, Sebastian Grimsby saudaranya justru dikenal sebagai agen terbaik di Inggris yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya sebagai seorang mata-mata.
Film Barat The Brothers Grimsby
The Brothers Grimsby 2016 / Mediastinger.com

Dikenal sebagai agen M16, Sebastian yang diperankan oleh Mark Strong berhasil diketahui keberadaannya oleh Nobby namun demikian kehadiran Nobby dalam hidup Sebastian justru menimbulkan masalah baru karena ulah dan aksi kocaknya yang tidak terduga.

Pada intinya, film ini berhasil membawa penikmatnya untuk melihat karakter Cohen dalam dunia baru meskipun masih berada dalam satu jalur yang sama mengingat Cohen juga terlibat dalam penulisan cerita di film aksi komedi ini.  

Kesan gila dan tak terduga masih tetap menjadi salah satu daya tarik yang mampu menyedot perhatian penonton yang menyukai gaya Cohen dalam bermain film.  Hanya saja dalam film yang juga diramaikan dengan kehadiran Penelope Cruz ini ternyata masih kurang menggigit dari segi komedi, berbeda dengan film-film Cohen sebelumnya yang menyuguhkan aksi konyol, kurang ajar dengan selipan komentar satir di dalamnya.

Sepertinya semua lelucon dalam film ini memang tidak selalu mengundang tawa lepas, kemungkinan karena genre film yang menonjolkan elemen action maupun spy yang seolah mengalihkan fokus dari kesan komedi itu sendiri.  Hasilnya, karakter Nobby yang diperankan oleh Cohen terlihat lebih kaku dan terlalu ‘aman’ untuk aktor dan komedian sekelas Sacha Cohen.

Film ini memang mengkombinasikan antara aksi, spy dan komedi dalam sebuah alur cerita hanya saja kombinasi yang diharapkan bisa menggugah klimaks tersebut nyatanya terlihat kurang matang dan tampak sedikit rumit.  

Louise Laterrier selaku sutradara pun acapkali mencoba memicu adrenalin penikmat film dengan aksi visual yang terbilang cepat.  Namun ketika adrenalin naik perlahan, tiba-tiba harus menurun sampa titik awal sehingga terkesan kurang mengena.
Trailer Film Barat The Brothers Grimsby
Adegan dalam The Brothers Grimsby/thebrothersgrimsby-movie.com

Peran Cohen sebagai saudara Mark Strong seolah menjadi kendala tersendiri bagi Cohen untuk bermain total hanya karena ingin menyeimbangkan perannya agar tidak menenggelamkan karakter Mark Strong dalam memerankan Sebastiian Grimsby. 

Jika saja Cohen memegang kendali utama dan membiarkannya bermain ‘gila’ seperti yang selama ini dilakukannya tentu hasilnya akan jauh berbeda dan lebih memuaskan para penikmat film yang sudah begitu mengenal karakter Cohen.

Terkesan ada tekanan dari sang sutradara untuk tetap menggiring alur cerita agar tetap menjadi film aksi dan spy sebagai point utama meskipun ada komedi di dalamnya.  Tekanan ini juga yang akhirnya menjadikan komedi di dalamnya seolah tenggelam dan tampak biasa saja. 

Baca Juga: 50+ Film Action Barat Terbaru 2016 

Bukan tertawa lepas yang muncul dari penonton, melainkan seuntai senyum yang kemudian hilang begitu saja.  Mungkin tidak ada yang salah dengan film ini, hanya saja kombinasi yang kurang pas antara ketiga elemen (aksi, spy dan komedi) menjadi salah satu faktor yang perlu dipertanyakan, terutama karena ada Cohen di dalamnya.

Loading...