Film Batman V Superman: Dawn of Justice (Action Film 2016)

Film Batman V Superman:  Dawn of Justice - Apa jadinya jika dua orang superhero pembela kebenaran terlibat dalam konflik dan perseteruan?  Selain memicu kekacauan yang tak terduga, drama permusuhan antara Batman dan Superman juga menyuguhkan kisah dramatis terkait masa lalu kedua tokoh pahlawan DC Comics ini.  

Kisah permusuhan antara Batman dan Superman diawali dengan kekacauan di kota kelahiran Batman atau Bruce Wayne yang diperankan oleh Ben Affleck, yaitu Gotham City akibat aksi heroik Superman atau Clark Kent yang diperankan Henry Cavill saat melawan Jenderal Zod yang telah menghancurkan gedung Wayne Financial yang tak lain adalah milik Bruce Wayne. 

Keadaan semakin memanas ketika orang kepercayaan Bruce Wayne menjadi salah satu korban tewas dalam pertempuran Superman.

Campur tangan Lex Luthor

Tidak dipungkiri bahwa musuh bebuyutan Superman adalah Lex Luthor (Jesse Eisenberg) yang akan menghalalkan segala cara demi melenyapkan Superman dari muka bumi.  Pengusaha super kaya di Metropolis ini nyatanya telah menemukan kryptonite yang tak lain merupakan kelemahan Superman yang terlahir dengan nama Kal-El tersebut.

Batman pun mengetahui kelemahan Superman, namun untuk mendapatkan kryptonite tentu tidak semudah yang dibayangkan.  Kondisi ini tentu sangat menguntungkan Lex Luthor yang kemudian merancang skenario licik demi bisa mengadu domba kedua superhero tersebut agar saling menyerang dalam aksi duel yang mematikan.  Hingga dalam satu waktu kedua superhero tersebut menemukan adanya benang merah di antara keduanya di masa lalu.

Drama dalam pencarian jati diri

Di balik aksi-aksi pertempuran seru yang tersaji dalam film bergenre action fantasy ini, Zack Synder sang sutradara juga menyelipkan kisah drama tentang pencarian jati diri kedua superhero yang saling bertikai tersebut.  Adanya perbedaan yang cukup kontras antara Batman dan Superman di kehidupan masa lalunya ternyata sangat berpengaruh pada sikap dan karakter keduanya dalam menghadapi masalah dan mengambil keputusan.

Seperti diketahui, Bruce Wayne adalah pengusaha sukses dan kaya raya di Gotham City namun di balik kesuksesannya tersebut Wayne yang sudah menjadi yatim piatu sejak kecil itu memiliki karakter yang cenderung penuh amarah dalam menghadapi berbagai macam ketidakadilan. 

Hal ini sangat bertolak belakang dengan Clark Kent yang diasuh oleh keluarga angkatnya dengan penuh kasih sayang.  Kondisi ini sepertinya membuat Clark Kent cenderung ingin menyelamatkan orang lain bahkan rela mengorbankan dirinya, terutama untuk cinta sejatinya Lois lane yang diperankan oleh Amy Adams.

Perbedaan nasib Batman dan Superman

Jalan kehidupan yang dilalui kedua superhero ini pun tersaji dalam kisah yang sangat kontras, dimana Bruce Wayne adalah sosok yang sangat berpengaruh di Gotham City dengan banyak perusahaan yang dimilikinya.  Sementara Clark Kent hanya seorang jurnalis yang kurang diperhitungkan di Planet Daily tempatnya bernaung.

Film Terbaru Batman V Superman:  Dawn of Justice
Batman v Superman: Dawn Of Justice / Indianexpress.com

Konflik Batman dan Superman

Pertarungan antara Superman dan musuhnya hingga ke Gotham City telah menimbulkan kekacauan dan menyebabkan keadaan kota porak poranda, bahkan banyak memakan korban jiwa.  Rasa marah dan tidak terima kotanya dihancurkan oleh Superman membuat Batman menilai Superman sebagai sosok superhero yang hanya mementingkan diri sendiri dan tega mengorbankan orang lain yang tidak bersalah.

Ulasan Batman V Superman: Dawn of Justice
Batman V Superman / Comicbooked.com
Perbedaan idealisme dan sudut pandang kedua tokoh superhero ini bisa dilihat dari ketidaksukaan Superman terhadap cara Batman dalam menghukum penjahat.  Sementara kebencian Batman terhadap Superman bersumber dari cara Superman saat bertarung yang terkesan egois dan semaunya sendiri.

Sentuhan Wonder Woman

Gal Gadot yang berperan sebagai Wonder Woman telah memberikan sentuhan tersendiri dalam film superhero ini.  Kemunculannya dalam film ini mampu menciptakan kesan misterius terhadap karakter aslinya yang lebih dikenal dengan nama Diana Prince ini.  Selain itu kemunculan karakter superhero lainnya dalam film ini juga menjadi sinyal dari film selanjutnya Justice League yang rencananya akan dirilis pada 2017 mendatang.

Jalan Cerita Batman V Superman:  Dawn of Justice
Woman in Batman v Superman Movie / Pmcvariety.wordpress.com

Meski klimaks pertempuran antara Batman dan Superman terkesan kurang mengigit, namun pada akhirnya kedua superhero ini mampu berdamai dan bekerja sama dengan Wonder Woman dalam menumpas monster Doomsday yang tak lain adalah makhluk hasil rekayasa Lex Luthor terhadap jasad Jenderal Zod.

Baca Juga: Film Terbaru The Brother Grimsby (Action Movie 2016)

Akhir film ini pun cukup menyesakkan dada dengan kematian Superman.  Meskipun Superman berhasil menusuk Doomsday dengan tombak Kryptonite, nyatanya hal itu juga dilakukan oleh Doomsday terhadap Superman sehingga keduanya tewas.  Namun apakah Superman benar-benar sudah tiada?