Film Korea Seondal: The Man Who Sells the River (Kisah Penipu Ulung di Jaman Dahulu)

Review Film Seondal The Man Who Sells The River - Genre drama komedi menjadi salah satu tema film yang banyak disajikan dalam film Korea, dengan berbagai kisah cerita yang pastinya menarik untuk dinikmati. Ditambah dengan para pemain film yang rupawan dengan wajah orientalnya tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar film Korea.

Dari sekian banyak film Korea yang cukup populer, ada film berjudul Seondal The Man Who Sells The Rivers, salah satu film menarik yang layak untuk kamu tonton. Film ini telah dirilis pada 6 Juli 2016 silam dan berhasil masuk dalam jajaran film box office di Korea Selatan. Buat kamu yang belum sempat menontin film ini tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengetahui sinopsis lengkapnya berikut ini.

Film asal Korea Selatan ini diarahkan oleh Taman Dae-Min yang juga merangkap sebagai penulis skenarionya. Film ini merupakan film kedua yang telah digarap oleh Taman Dae-Min. Dengan menyuguhkan kisah yang menarik, film ini dibintangi oleh sederet aktris dan aktor ternama Korea. Mulai dari Yoo Seung-ho yang mulai tenar sejak masih anak-anak dengan membintangi film The Way Home (2002), Cho Jae-hyun, Ko Chang-seok seorang aktor senior yang sudah sangat berpengalaman dalam seni peran, Ra Mi-ran yang mengawali karirnya dari dunia teater, dan Kim Min-seok yang tak lain adalah anggota EXO salah satu boyband ternama di Korea Selatan, serta bintang lainnya.

Sinopsis Film Korea Seondal: The Man Who Sells the River

Film drama ini juga menampilkan 2 bintang tamu, yaitu Yeon Woo-jin yang berperan sebagai Raja Hyojong dan Kim Jung-hwa. Film berdurasi 121 menit ini didistribusikan oleh CJ Entertainment dan diproduseri oleh Kim Jong-jin. Untuk proses produksinya, film Seondal The Man Who Sells the Rivers ini sudah memulai syuting sejak 5 Juni 2015 dan selesai pada 30 September 2015.

Film yang sebelunya dikenal dengan judul Kim Seon-dal ini merupakan film yang diangkat dari novel kuno cerita rakyat bertema satir dan humor yang berjudul ‘Bongyi Kim Sunda’. Seondal The Man Who Sells the Rivers mengisahkan tentang sepak terjang seorang tokoh bernama Kim Seondal yang diperankan oleh Yoo Seung-Ho. Tokoh Kim digambarkan sebagai seorang penipu jenius yang memiliki keberanian dan penampilan memikat. Dalam melakukan pekerjaannya, Kim tidak beraksi seorang diri karena dia memiliki team penipu yang sudah begitu populer di negerinya. Dia bekerjasama dengan Bo-Won, Yoon, dan Gyeon-i.

Cerita bermula ketika Kim bertemu dengan Bo-won yang diperankan oleh Ko Chang-seok dan Gyeon-i yang diperankan oleh Xiumin, dimana ditengah kesulitan hidup mereka pun bersatu menjadi team penipu. Berbagai aksi penipuan membuat mereka diburu oleh pihak berwajib untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Salah satunya adalah ketika mereka menyamarkan pedang biasa yang diakui sebagai pedang milik Laksamana Besar Yi Shun-shin.

Dan ketika mereka gagal untuk mencuri dari orang terkaya Seong Dae Ryeon yang diperankan oleh Cho Jae Hyun, mereka pun mencari cara lain untuk mengelabuinya. Yaitu dengan menyebarkan rumor bahwa ada emas yang telah ditemukan di Sungai Taedong, yang tak lain hanyalah umpan bagi Seong agar bisa dikelabui.

Seperti film drama komedi Korea lainnya, film ini sangat menarik dan kocak dengan berbagai adegan lucu yang segar. Buat kamu yang suka dengan genre film drama komedi dengan tema sejarah atau cerita rakyat, maka film ini sangat rekomended untuk kamu tonton. Mulai dari setting dan lokasi yang kental dengan tradisi dan budaya Korea hingga sentuhan pernak-pernik etnik yang menjadi simbol sejarah Korea seolah membawa kita dalam kehidupan di Korea pada jaman dahulu. 

Film Seondal the Man Who Sells the Rivers sangat layak untuk masuk dalam daftar film Korea favorit kamu. Selain kisahnya yang menarik dan jenaka, film ini tentunya juga sarat akan pesan moral yang bijak. Film ini juga bisa membuat kamu lebih mengenal tradisi dan budaya Korea Selatan pada jaman dahulu yang unik dan mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya. Jadi tunggu apalagi, dengan cerita yang begitu menarik tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak menonton film yang satu ini. 

Baca Juga: Film Operation Chromite, Mengangkat Kisah Nyata Pertempuran Incheon di Korsel