Review Lengkap Film Korea Operation Chromite, Mengangkat Kisah Nyata Pertempuran Incheon di Korea Selatan

Sinopsis Film Korea Operation Chromite - Satu lagi film Korea yang menarik untuk ditonton di tahun 2016, yaitu Operation Chromite yang telah dirilis pada bulan September 2016 lalu. Jika sebelumnya kamu dimanjakan dengan film-film drama Korea yang sarat akan kisah percintaan dan komedi, kamu bisa menikmati cerita yang berbeda di film ini. Film aksi yang satu ini mengangkat kisah nyata perang di Korea Selatan pada tahun 1950-1953 yang dikenal dengan istilah Battle of Incheon atau Pertempuran Incheon.

Film produksi CJ Entertanimnet & Taewon Entertainment ini disutradarai oleh John H Lee, sementara untuk naskah ceritanya ditulis oleh Man-Hee Lee. Selain dikenal dengan judul Operation Chromite, film ini juga dikenal dengan Incheon Landing Operation. Jika kamu adalah salah satu penggemar film bergenre aksi, drama dan historycal maka film ini sangat rekomended untuk ditonton. Terlebih jika kamu masih penasaran dengan sejarah perang di Korea. Untuk menjawab rasa penasaran kamu, berikut inii adalah sinopsis lengkap Operation Chromite yang bisa kamu jadikan referensi.

Sinopsis Film Korea Operation Chromite


Seperti halnya di belahan dunia lain, gejolak perang juga pernah menjadi bagian dari sejarah di negeri Ginseng Korea. Dimana perang yang bergejolak sejak 25 Juni 1950 di Korea Selatan ada satu momen pertempuran Incheon yang pernah terjadi pada 15 September hingga 19 September dan dikenal sebagai Operation Chromite sebagai kode dari pertempuran tersebut.

Operasi ini bertujuan untuk merebut kembali ibukota Korea Selatan, Seoul dengan melancarkan serangan mendadak. Dimana pada waktu itu pasukan PBB berhasil mendarat di salah satu pelabuhan dan mendesak pasukan Korea Utara untuk keluar dari Incheon.

Inti cerita lebih memfokuskan pada perjuangan Jenderal Douglas Mac Arthur yang menyatukan kekuatan bersama 8 anggota pasukan Korea Selatan. Mereka harus berjuang sekuat tenaga dengan berbagai resiko yang sangat membahayakan demi merebut kembali ibukota Korea Selatan. Mereka pun melaksanakan misi rahasia dengan menjalankan Incheon Landing Operation.

Film berbahasa Inggris ini dibintangi oleh Liam Neeson sebagai Jenderal Douglas Mas Arthur, Dean Dawson, Sean Dulake dan Justin Rupple. Selain itu, sederet bintang film ternama dari Korea turut terlibat dalam pembuatan film ini. Diantaranya adalah:
  1. Lee Beom-Soo yang berperan sebagai Lim Gye-Jin seorang Kolonel Senior Korea Utara
  2. Jung Jae-Lee sebagai Jang Hak-Soo
  3. Jung Joon-Ho sebagai Seo Jin-Chul
  4. Jin Se-Yun sebagai Han Jae-Sun
  5. Kim Sun-A sebagai Kim Hwa-Young
  6. Yoshihiro Akiyama sebagai Baek-San
  7. Park Chul-Min sebagai Nam Ki-Sung
  8. Kim Young-Ae sebagai Na Jung-Nim
  9. Kim Byung-Ok sebagai Choi Suk-Joong
  10. Park Sung-Woong sebagai Park Nam-Chul

Film ini menceritakan bagaimana operasi perebutan Seoul dilakukan, dimana Jenderal Douglas MacArthur mendapat tugas untuk menghentikan agresi militer Korea Utara di tahun 1950. Sang Jenderal pun membentuk tim khusus untuk menjalankan misi rahasianya tersebut, dengan nama sandi operasi militer ‘Operation Chromite’. Misi rahasia tersebut didukung oleh Pasukan Khusus Korea Selatan yang dipimpin oleh Kapten Jang Hak-Soo.

Dalam menjalankan misinya mereka menyamar sebagai Unit Inspeksi Korea Utara dan melakukan penyusupan ke wilayah yang dikuasai oleh Korea Utara, tentunya misi tersebut sangat membahayakan keselamatan mereka. Tim khusus tersebut menjalankan misi rahasia yang dikenal dengan istilah misi X-ray, yaitu mengumpulkan data maupun informasi penting dari Korea Utara selain juga menculik petinggi pasukan Korea Utara dan mendapatkan peta lokasi ranjau yang dipasang di lepas pantai Incheon. Tentu bukan perkara yang mudah untuk mendapatkan informasi tersebut, terlebih komandan dari pasukan Korea Utara mulai menaruh kecurigaan kepada mereka, sehingga misi yang dijalankan pun semakin berbahaya. Mereka juga bertugas menyalakan lampu mercusuar sebagai kode bagi pasukan PBB, sehingga bisa mendarat di Incheon.

Dengan kerjasama dan keberanian yang di atas rata-rata, misi dari 8 pejuang Korea Selatan dan Douglas MacArthur bisa berjalan sesuai rencana walaupun cukup menegangkan, mengingat resiko yang sangat berbahaya jika mereka ketahuan. Pada akhirnya pasukan PBB berhasil mendarat dan memaksa mundur pasukan Korea Utara yang semakin terdesak. Nah, bagaimana menurut kamu kisah dalam Operation Chromite tersebut, cukup menarik bukan?