Documentary Films: Daftar Film Dokumenter Terbaru tahun 2017


Daftar Film Dokumenter Rilis 2017 -  Dari sekian banyak film hiburan yang dirilis pada tahun 2016, ada beberapa film dokumenter yang tak kalah menarik untuk dinikmati. Film dokumenter merupakan jenis film yang mendokumentasikan kisah nyata yang dibuat sesuai dengan fakta yang sesungguhnya, tanpa ada adegan yang didramatisir. Dengan kata lain film dokumenter merupakan representasi dari sebuah kenyataan yang kembali ditampilkan dalam sebuah film yang lebih terstruktur.

Jenis film ini biasanya digunakan sebagai media untuk melakukan kritik sosial, kisah biografi dari tokoh populer dengan berbagai pesan khusus yang ingin disampaikan. Sebagai yang dirilis pada situ Comingsoon.net , baru satu film dokumnter yang akan dirilis pada tahun 2017 yaitu Born in China.

Film Dokumenter Terbaik 2016


Rekomendasi 6 Film Dokumenter Terpopuler Tahun 2016

1. Before the Flood

Film dokumenter ini juga dikenal dengan judul The Turning Point yang mengisahkan tentang perubahan iklim dan telah ditayangkan dalam Festival International Toronto pada tanggal 9 September 2016. Film yang diproduksi oleh Rumah Produksi Film Appian Way, Insurgent Docs dan RatPac Documentary ini memulai debutnya di National Geographic Channel pada tanggal 30 Oktober 2016.

Film berdurasi 1 jam 36 menit ini dibintangi oleh bintang papan atas Hollywood dan tokoh dunia, seperti Leonardo DiCaprio yang memerankan dirinya sendiri demikian juga dengan Elon Musk, Bill Clinton, Ban Ki-Moon, Pope Francis, John Kerry, Barrack Obama, dan Scott Robertson. Film yang dikenal dengan judul ‘Punto di Non Rtorno’ di Italia ini mengisahkan pertemuan Leonardo DiCaprio dengan para ilmuwan, pemimpin dunia dan para aktivis yang membahas perubahan iklim dan upaya untuk mengatasinya demi mencegah kepunahan spesies dan menjaga ekosistem di bumi.

2. Life, Animated

Film dokumeter yang dirilis pada tanggal 1 Juli 2016 ini disutradarai oleh Roger Ross Williams dan skenarionya di tulis oleh Ron Suskind yang juga berperan sebagai dirinya sendiri dalam film ini. Film berdurasi 90 menit ini mengisahkan tentang bagaimana kehidupan Owen Suskind, seorang autis yang harus berjuang dalam menghadapi tantangan hidup. Film ini bisa menjadi inspirasi bagi keluarga yang memiliki anak dengan autisme. Dimana dukungan dari keluarga sangat penting untuk membantu anak dengan autis agar mampu berkomunikasi meskipun melalui media film animasi.

3. Weiner

Film dokumenter 2016 ini mengisahkan kehidupan Anthony David Weiner seorang mantan anggota konggres yang merasa tidak pusa dengan karirnya yang berantakan bahkan hingga terulang untuk kedua kalinya akibat skandal seksualnya yang tersebar ke publik. Atas tuduhan skandal seks tersebut, akhirnya Weiner mengundurkan diri pada 6 Juni 2011 hanya berselang beberapa bulan setelah skandalnya terungkap.

Dua tahun setelah kejadian tersebut, nasib baik belum berpihak kepada Weiner yang kembali tersandung masalah yang sama ketika dirinya kembali menggeluti dunia politik dalam kampanye Walikota New York. Film yang disutradarai oleh Josh Kriegman dan Elyse Steinberg ini telah dirilis pada tanggal 8 Juli 2016 dengan durasi 1 jam 36 menit. Film ini dibintangi oleh Anthony David Weiner.

4. The Beatles ‘Eight Days a Week’

Film dokumenter The Beatles dirilis pada tanggal 15 September 2016. Film ini sudah diumumkan pada tahun 2014 silam oleh Ron Howard dan berisi liputan tentang konser-konser Beatles yang bisa dinikmati secara ekslusif oleh para penggemarnya. Film ini juga menceritakan bagaimana sejarah The Beatles mulai dari awal berdirinya hingga ketenaran yang berhasil diraih termasuk kemewahan dan ketakutan para personilnya karena sangat terkenal hingga ke seluruh dunia.

5. Oasis: Supersonic

Film dokumenter terbaik selanjutnya adalah Oasis: Supersonic yang telah dirilis pada tanggal 2 Oktober 2016. Film ini mengisahkan kehidupan kakak beradik Liam dan Noel Gallagher yang memulai kesuksesannya dari nol hingga mencapai puncak ketenaran di tahun 1990-an. Film ini disutradarai oleh Mat Whitecross dan diproduseri oleh Asif Kapadia dan James Gay-Rees yang sebelumnya terlibat dalam produksi film dokumenter Amy (2015).

6. Eagle Huntress

Film dokumenter karya sutradara Otto Bell ini dirilis pada 23 Desember 2016, namun sebelumnya pernah tayang dalam acara Sundance Film Festival di AS pada tanggal 24 Januari 2016 silam. Film ini mengisahkan kehidupan Aisholpan seorang gadis Mongolia yang berjuang menjadi pemburu elang perempuan pertama dari generasi Kazhakh. Demi mewujudkan mimpinya tersebut, dia bahkan menjalani kehidupan nomaden selama 13 tahun.

Film dokumenter bisa menjadi salah satu jenis film yang bisa kamu tonton, karena ada banyak kisah inspiratif yang ditampilkan termasuk pesan moral yang pasti akan sangat berguna dalam kehidupan. Nah, bagaimana menurut kamu? Apakah kamu bisa menikmati film dokumenter dan memahami pesan yang tersirat di dalamnya?


Baca Juga: Daftar Film Komedi Terbaik 2016

Documentary Films yang telah tayang tahun 2016 Lalu
  1. Author: The JT LeRoy Story
  2. All Thes Sleepless Nights
  3. Audrie & Daisy
  4. Tony Robbins: I Am Not Your Guru
  5. Lo and Behold, Reveries of the Connected World
  6. Tickled
  7. Kate Plays Christine
  8. Hooligan Sparrow
  9. Gleason
  10. Norman Lear: Just Another Version of You
  11. Eat That Question: Frank Zappa in His Own Words
  12. When Two Worlds Collide
  13. The Bad Kids
  14. Holy Hell
  15. Kevin Hart: What Now?
  16. Hillsong: Let Hope Rise
  17. A Beautiful Planet
  18. The Beatles: Eight Days a Week
  19. Cameraperson
  20. Voyage of Time
  21. Zero Days
  22. We Are X
  23. The Lovers and the Despot
  24. Kiki
  25. At the Fork
  26. Unlocking the Cage
  27. Trapped
  28. The Land od the Enlightened
  29. Jim: The James Foley Sotry
  30. Suited
  31. Starless Dreams Documentray
  32. Michael Jackson's Journey from Motown to Off the Wall
  33. Strike a Pose
  34. Do Not Resist
  35. Beware the Slenderman
  36. Gimme Danger
  37. America Wild: National Parks Adventure
  38. Nuts
  39. Notes on Blindness
  40. Fire at Sea
  41. A Trips to Unicom Island
  42. Diving into the Unknow
  43. The First Monday in May
  44. The Beginning Of Life
  45. The Dwarvenaut
  46. Fittest on Earth
  47. Clínica de Migrantes: life, liberty, and the pursuit of happiness
Loading...