20+ Daftar Film Animasi Terbaik Sepanjang Tahun 2016

Film Animasi Terbaik 2016 - Pecinta Genre film animasi bisa berbangga dengan hoby yang mereka miliki, ada beraneka ragam film animasi yang sempat menjadi sorotan postif sepanjang tahun 2016. Animation movie ini hadir dengan beragam jenis kisah yang berbeda dan mampu mengimbangi genre film lainya di bursa perfilman tahun lalu.

Dari banyaknya film animasi yang telah dirilis tahun 2016, Ulas Film telah merangkum beberapa daftar rekomendasi film animasi terbaik yang akan kami hadirkan pada halaman ini. Meski deretan daftar di bawah ini kami kategorikan berdasarkan penghasilan yang mereka dapatkan, tidak menutup kemungkinan hal inilah yang menyebabkan film-film ini laris dipasaran. Berikut ulasan lengkapnya tersebut:

1. Finding Dory

Film yang mengisahkan petualangan si ikan biru Dory ini mampu memecahkan rekor film animasi dengan pendapatan terbesar di minggu pertama pemutarannya sepanjang sejarah. Entertainment Weekly mencatat bahwa film petualangan ini berhasil meraup pendapatan hingga USD 136,2 juta hanya dalam waktu 2 hari saja sejak dirilis pada 17 Juni 2016.

Sekuel dari film Finding Nemo yang sempat booming di tahun 2003 ini menceritakan bagaimana perjuangan si Blue Tang Dory dalam menemukan orangtuanya yang hilang. Jika Finding Nemo berhasil meraih penghargaan Academy Awards di tahun 2004, bukan tidak mungkin film animasi bergenre adventure dan comedy ini juga akan meraih kesuksesan yang sama. Film yang disutradarai oleh Andrew Stanton ini diproduksi dengan biaya USD 200 juta dan mampu meraih pendapatan kotor hingga USD 1, 028 miliar.
Review Singkat Finding Dory
Finding Dory

2. Zootopia

Film produksi Walt Disney ini dirilis pada tanggal 4 Maret 2016 dan sukses di pasaran. Film animasi adventure ini mengisahkan bagaimana karakter kelinci Judy Hopps yang berprofesi sebagai polisi kota Zootopia yang harus bekerja sama dengan si rubah Nick Wild, dimana keduanya menjadi korban konspirasi jahat. Film ini berhasil meraih pendapatan hingga USD 1,024 miliar dengan biaya produksi USD 150 juta. Film ini banyak mendapatakan respon positif karena mengangkat tema diskriminasi dan stereotoip sosial dalam sebuah cerita yang ringan dan sarat akan humor.
Review Singkat Film Zootopia
Zootopia
3. The Secret of Pets

Film animasi produksi Illumination Entertainment ini dirilis pada tanggal 8 Juli 2016 dengan biaya produksi USD 75 juta dan sukses meraih pendapatan kotor hingga USD 875,2 juta. Film animasi 3D ini disutradarai oleh Chris Renaud dan Yarrow Cheney. Film ini menceritakan bagaimana kehidupan Max, anjing peliharaan yang berselisih dengan anjing lain bernama Duke yang baru saja diadopsi oleh majikannya. Perselisihan keduanya mempertemukan mereka dengan kelinci Snowball yang mengajak mereka untuk bergabung dengan kelompok anti majikan.
Sinopsis Film The Secret of Pets
The Secret of Pets
4. Kungfu Panda 3

Film animasi terbaik 2016 selanjutnya adalah Kungfu Panda 3 yang dirilis pada 29 Januari 2016. Film animasi 3D ini dibuat dengan dua versi, yaitu Bahasa Inggris dan China dan merupakan sekuel dari Kungfu Panda 2 yang telah dirilis pada tahun 2011 silam. Film yang disutradarai oleh Jennifer Yuh Nelson dan Alessandro Carloni ini berhasil meraih pendapatan kotor hingga USD 519,9 juta dengan biaya produksi USD 145 juta. Film ini menceritakan bagaimana aksi petualangan Po yang baru bertemu dengan ayahnya dan dihadapkan dengan musuh di masa lalu yang bernama Kai, yang mengharuskan Po untuk menguasai jurus Chi untuk mengalahkan Kai.
Film Animasi Kungfu Panda 3
Kungfu Panda 3
 5. Angry Birds Movie

Film animasi yang dirilis pada tanggal 20 Mai 2016 ini disutradarai oleh Iiat Kaytis dan Fergel Reilly. Film yang diangkat dari seri video game dengan nama yang sama ini berhasil meraih keuntungan kotor hingga lebih dari USD 349,8 juta dengan biaya produksi USD 73 juta. Seperti dalam video gamenya, film ini mengisahkan tentang perseteruan antara si burung pemarah Red dan kawanan babi yang ingin mencuri telur dengan berbagai tipu muslihatnya. Akhirnya Red bersama Chuck, Matilda, dan Bomb bersatu melawan para babi demi menyelamatkan telur mereka.
Sinopsis SIngkat Film Angry Birds Movie
Angry Birds Movie
6. Moana

Film animasi terbaik dan terlaris selanjutnya adalah Moana yang telah dirilis pada tanggal 23 November 2016. Film yang disutradarai oleh Ron Clements dan John Musker ini mampu menhasilkan pendapatan kotor hingga USD 284,5 juta. Film fantasy comedy ini merupakan film ke-56 yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Film ini menceritakan kehidupan Moana si gadis keras kepala di suku Polinesia yang menjelajahi samudera untuk menyelamatkan rakyatnya.
Review Singkat Film Moana
Moana
Selain 6 film animasi terbaik dan terlaris di atas, masih ada beberapa film animasi lain di bawah ini yang bisa menjadi bahan koleksimu di tahun 2016 lalu. Jangan lewatkan juga daftar film animasi tayang 2017 agar tidak ketinggalan dengan yang lainnya.

Baca Juga: Daftar Film Petualangan Terbaik 2016

Daftar Film Animasi Sepanjang tahun 2016
  1. The Secret Life of Pets
  2. The Angry Birds Movie
  3. Trolls
  4. Sausage Party
  5. Ice Age: Collision Course
  6. Storks
  7. Sing
  8. Kubo and the Two Strings
  9. Ratchet & Clank
  10. Norm of The North
  11. Sly Cooper
  12. The Red Turtle
  13. Henchmen
  14. Batman: The Killing Joke
  15. BoBoiBoy: The Movie
  16. Robinson Crusoe
  17. Rock Dog
  18. Magik
  19. Quackerz
  20. Crayon Shin-chan: Fast Asleep! Dreaming World Big Assault!
  21. My Life as a Zucchini
  22. Sheep & Wolves
  23. Howard Lovecraft and the Frozen Kingdom
  24. Batman: Bad Blood
  25. Pete's Dragon
  26. Justice League vs Teen Titans
  27. Persona 3 The Movie: #4 Winter of Rebirth
  28. Master Jiang and the Six Kingdoms
  29. Little Door Gods
  30. Accel World: Infinite Burst
  31. Kikoriki. Legend of the Golden Dragon
  32. Bling
  33. Seoul Station
  34. Ivan Tsarevich and the Grey Wolf 3
  35. Spark
  36. Life, Animated
  37. Nerdland
  38. Kingsglaive Final Fantasy Xv
  39. Bad Cat
  40. Wicked Flying Monkeys
  41. Thomas & Friends: The Great Race
  42. Kung Fu Panda: Secrets of the Scroll
  43. TThe Breadwinner
  44. Chhota Bheem Himalayan Adventure
  45. Boonie Bears III
  46. Mumbai Musical